Visi dan Misi

Visi dan Misi

Visi

" Terwujudnya pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan, terpadu dan berwawasan Lingkungan untuk kemanfaatan Masyarakat Jawa Tengah agar semakin sejahtera dan mandiri."


Misi

  1. Mewujudkan pengembangan dan pengelolaan saran prasarana irigasi dan air baku secara effektif dan optimal untuk meningkatkan kelestarian fungsi dan keberlanjutan pemanfaatannya guna mendukung upaya perwujutan ketahanan dan kedaulatan pangan serta ketahanan air
  2. Mewujudkan upaya penyelenggaraan konservasi sumber daya air dan pengendalian daya rusak air yang berwawasan lingkungan melalui pengelolaan dan pengembangan sarana prasarana sungai, waduk dan pantai yang berkelanjutan untuk melindungi kawasan strategis dan sentra-sentra produksi serta menjaga kelestarian air dan sumber air.
  3. Mewujudkan upaya penyelenggaraan pendayagunaan sumber daya air yang memberikan keadilan bagi masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan antar daerah dan antar kepentingan melalui peningkatan peran serta masyarakat dan kerjasama para pihak serta pembinaan, pengaturan dan pengawasan pengelolaan sumber daya air secara terpadu dan berkelanjutan dengan mengacu norma, standard, pedoman dan manual berlaku.
  4. Menyelenggarakan manajemen / tata kelola pemerintahan dan dukungan programprogram fungsional yang akuntabel dan kompeten dengan menerapkan prinsip-prinsip good governance and clean goverment.
  5. Mewujudkan pengaturan, pembinaan dan pengawasan terhadap upaya pengembangan sumber daya air melalui penelitian dan pengembangan serta penyusunan dokumen perencanaan sumber daya air yang berbasis sistem informasi sumber daya air ( sisda ) yang akurat, terkini dan berkelanjutan.