-
SOP Layanan PPID Pelaksana
- Dinas PUSDATARU Provinsi Jawa Tengah
SOP Layanan PPID Pelaksana
Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Karenanya hak memperoleh informasi termasuk hak asasi manusia. Bahkan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Keterbukaan Informasi publik merupakan sarana mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya sebagaimana diamanatkan dalan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 117 tahun 2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi mengatur bahwa salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. Terkait dengan itu, PPID Pelaksana Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Tengah menetapkan Standar Operasional Prosedur layanan informasi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik.
Dasar hukum :- Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
- Perda Prov. Jateng No. 6 Tahun 2012 tentang Pelayanan Informasi Publik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah;
- Pergub No. 47 Tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah No. 6 Tahun 2012 tentang Pelayanan Informasi Publik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah
Daftar SOP
SOP Maklumat Pelayanan Informasi Publik Tahun » Klik disini |
SOP Layanan Informasi Publik Tahun 2024 » Klik disini |
SOP Penyusunan Daftar Informasi Publik Tahun 2024 » Klik disini |
SOP Uji Konsekuensi Dinas PUSDATARU Provinsi Jawa Tengah Tahun » Klik disini |
SOP Permohonan Informasi Publik bagi Penyandang Disabilitas Tahun 2024» Klik disini |
SOP Fasilitasi Keberatan Informasi Publik Tahun 2024 » Klik disini |
SOP Penanganan Keberatan Informasi Publik Tahun 2024 » Klik disini |